Jaringan

Apa itu Jaringan Komputer?

Dasar jaringan

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

lanjut di wiki>>>

subnetting>>


Oleh: Faisal Akib

Model Jaringan Komputer

Model Jaringan Komputer

Jaringan komputer dapat diartikan sebagai sebuah rangkaian dua atau lebih komputer. Komputer-komputer ini akan dihubungkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dengan jaringan komputer ini dimungkinkan bagi setiap komputer yang terjaring di dalamnya dapat saling tukar-menukar data, program, dan sumber daya komputer lainnya seperti media penyimpanan, printer, dan lain-lain. Jaringan komputer yang menghubungkan komputer-komputer yang berada pada lokasi berbeda dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim surat elektronik (e-mail), mengirim file data (upload) dan mengambil file data dari tempat lain (download), dan berbagai kegiatan akses informasi pada lokasi yang terpisah.

Tujuan utama dari sebuah jaringan komputer adalah sharing resource (baca: sumber daya), dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki komputer lain yang berada dalam jaringan yang sama.

Perkembangan teknologi komunikasi data dan jaringan komputer dewasa ini sudah tidak terbatas lagi hanya pada komputer. Berbagai perangkat teknologi komunikasi yang hadir saat ini berkembang mengikuti perkembangan teknologi komputer, banyak diantaranya mengintegrasikan perangkat komputer seperti mikroprosesor, memori, display, storage, dan teknologi komunikasi ke dalamnya padahal dulunya teknologi ini dikembangkan untuk komputer yang dapat kita temui saat ini sudah ikut digunakan pada teknologi jaringan komputer.

Suatu jaringan komputer terdiri atas:

  • minimal dua buah komputer
  • kartu jaringan (network interface card / NIC) pada setiap komputer
  • medium koneksi, yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lainnya, biasa disebut sebagai medium transmisi data, bisa berupa kabel maupun nirkabel atau tanpa-kabel (wireless seperti radio, microwave, satelit, dsb).
  • perangkat lunak sistem operasi jaringan (network operating system software / NOSS) yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan sistem jaringan, misalnya: Microsoft Windows 2000 server, Microsoft Windows NT, Novell Netware, Linux, dan sebagainya.
  • peralatan interkoneksi seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway, apabila jaringan yang dibentuk semakin luas jangkauannya.

<< Index Jaringan Komputer >>


OSI MODEL, LAYERS & PROTOCOLS

7 Application

Web Browser, Email, Print Serivces, SIP, SSH and SCP, NFS, RTSP, Feed, XMPP, Whois, SMB; DNS; FTP; TFTP; BOOTP; SNMP;RLOGIN; SMTP; MIME; NFS; FINGER; TELNET; NCP; APPC; AFP; SMB

6 Presentation

XDR, ASN.1, SMB, AFP, NCP, MIDI, HTML, GIF, TIFF, JPEG, ASCII,

EBCDIC

5 Session

TLS, SSH, X.225, RPC, NetBIOS, ASP, Winsock, BSD

4 Transport

TCP, UDP, RTP, SCTP, SPX, ATP

Gateway, Advanced Cable Tester, Brouter

3 Network

IP, ICMP, IGMP, BGP, OSPF, RIP, IGRP, EIGRP, ARP, RARP, X.25, NETBEUI

Brouter, Router, Frame Relay Device, ATM Switch, Advanced Cable Tester, DDP

2 Data Link

Ethernet, Token ring, StarLAN, HDLC, Frame relay, ISDN, ATM, 802.11 WiFi, FDDI, PPP, Bridge, Switch, ISDN Router, Intelligent Hub, NIC, Advanced Cable Tester, ARCNET, LocalTalk, FDDI, ATM. NIC Drivers: Open Datalink Interface (ODI), Network Independent Interface Specification (NDIS)

1 Physical

NIC, Twisted Pair, Coax, Fiber Optic, Wireless Media, Repeater, Multiplexer, Hubs, (Passive/Active), TDR, Oscilloscope, Amplifier, Carrier pigeon

TCP LAYERS

4 Application (OSI - Layers5 through 7)

HTTP, FTP, DNS

(Routing protocols like BGP and RIP, which for a variety of reasons run over TCP and UDP respectively, may also be considered part of the Internetwork layer)

3 Transport (OSI - Layers4 and 5)

TCP, UDP, RTP, SCTP

(Routing protocols like OSPF, which run over IP, may also be considered part of the Internetwork layer)

2 Internetwork (OSI - Layer 3)

For TCP/IP this is the Internet Protocol (IP)

(Required protocols like ICMP and IGMP run over IP, but may still be considered part of the Internetwork layer; ARP does not run over IP)

1 Link (OSI - Layers 1 and 2)

Ethernet, Wi-Fi, MPLS, etc.

OSI (Open Systems Interconnection) dibuat oleh ISO (International Organization for Standardization) tahun 1984. OSI menjelaskan bagaimana informasi dari software aplikasi pada 1 komputer berpindah melalui suatu media lalu diterima kembali oleh software aplikasi komputer lain.

7 layer OSI :


Application Layer
Tugas: menyediakan jasa untuk aplikasi pengguna; interpretasi data; enkripsi/dekripsi; bertanggungjawab atas pertukaran informasi antar program computer (e-mail dll); berinteraksi dengan aplikasi perangkat lunak yang menerapkan suatu komponen untuk berkomunikasi.
Presentation Layer
Tugas: bertanggungjawab bagaimana data dikonversia dan diformat untuk transfer data (konversi format text ASCII untuk dokumen dll); membentuk kode konversi, translasi data, enkripsi, dan konversi

Session Layer
Tugas: menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara, dan mengatur koneksi; membentuk, me-manage , dan memutuskan session komunikasi antara entitas presentation layer
Transport Layer
Tugas: membagi data menjadi segmen; menjaga koneksi logika “end-to-end” antar terminal; menyediakan penanganan error

Network Layer
Tugas: menentukan alamat jaringan; menentukan rute yang harus diambil selama perjalanan; menjaga antrian trafik di jaringan
Data Link Layer
Tugas: menyediakan link untuk data dan memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware” lalu diangkut melalui media; menyediakan aliran data yang bebas kesalahan bagi network layer; mendeteksi/mengoreksi kesalahan akibat transmisi; pengalamatan fisik; menambahkan kode untuk sinkronisasi

Physical Layer
Tugas: bertanggungjawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media; mendeteksi dan melaporkan status saluran dan eror (misal ada collision)

Lebih lengkap? Download materi di sini

Comments

Popular Posts